“ ILMU DAN HARTA “ Mana yang lebih Utama???


Para pembaca yang budiman, marilah kita sejenak berfikir dan mengingat betapa besar karunia ALLAH SWT kepada kita semua, sehingga kita seharusnya lebih sadar dan bersyukur kepada ALLAH SWT dengan menggunakan karunia yang telah diberikan NYA sebaik mungkin. Rosululloh SAW pernah bersabda :
“ Barang siapa mempelajari satu bab yang bisa bermanfaat bagi kehidupan di Akheratnya dan kehidupan di dunianya, maka ALLAH SWT akan memberinya kautamaan melebihi keutamaan seseorang yang hidup di dunia selama seribu tahun yang berpuasa pada siang harinya dan melakukan sholat tahajjud di malam harinya secara terus menerus.”
Dari hadist tersebut dapat kita ketahui betapa besar penghargaan yang diberikan oleh ALLAW SWt kepada orang – orang yang mencari ilmu.
“ Rosululloh SAW pernah pula bersabda bahwa beliau adalah gudang ilmu pengetahuan dan sahabat Ali bin Abi Thalib adalah pintu gerbang kota tersebut. Setelah mendengar perkataan rosululloh tersebut timbul perasaan iri pada kaum khowarij ( kaum yang pada masa sesudahnya menjadi pembangkang kekholifahan Ali ).kemudian mereka mengumpulkan 10 orang pembesar mereka dan berencana menjajal seberapa alimnya sahabat Ali bin abi thalib. Mereka pun memutuskan untuk memberi satu pertanyaan kepada Ali dengan kesepakatan jika ali mampu menjawab dengan berbagai jawaban yang benar maka ia benar – benar orang alim. Bentuk pertanyaan itu adalah : Lebih utama mana antara ilmu dan harta ?pastilah ali menjawab lebih utama ilmu. Dasarnya adalah sebagai berikut :
-          Jawaban ali ( 1 )               :  Ilmu lebih utama dari pada harta karena ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan fir’aun dan qorun.
-          Jawaban (2 )                     :  ilmu selalu menjaga pemiliknya namun harta pemiliknyalah yang selalu menjaganya.
-          Jawaban ( 3 )                    : Orang yang banyak harta, jika tidak bisa mampu berhati – hati, maka ia akan banyak musuh, tapi orang yang banyak ilmu dan bisa memanfaatkan ilmunya, ia akan punya banyak teman.
-          Jawaban ( 4 )                    : Jika kita mengamalkan harta secara kasat mata ia akan berkurang namun jika kita mengamalkan ilmu, maka ia akan bertamba.
-          Jawaban ( 5 )                    : Orang yang punya banyak harta sering dijuluki pelit oleh orang – orang, sedang orang yang punya banyak ilmu kebanyakan dijuluki dengan sebutan yang lebih baik.
-          Jawaban ( 6 )                    : harta selalu dijaga agar tidak dicuri orang, namun ilmu yang bermanfaat tidak akan kuatir dicuri orang.
-          Jawaban ( 7 )                    : Orang yang punya banyak harta besok diakherat akan semakin lama hisabnya, sedang orang yang punya banyak ilmu kelak diakherat akan memperoleh banyak syafa’at.
-          Jawaban ( 8 )                    : harta akan cepat habis seiring dengan perjalanan waktu, sedang ilmu tidak akan pernah rusak, bahkan akan terus berkembang.
-          Jawaban ( 9 )                    : Orang yang punya banyak harta bisa semakin keras hatinya, sedang orang yang punya banyak ilmu akan menerangi hatinya..
-          Jawaban ( 10  )                 : Orang yang punya banyak harta sering dihinggapi perasaan sombong , sedang orang yang punya semakin banyak ilmu, ia akan semakin tawadhu’
( di nuqil dari kitab Syarah ushfuriyyah karangan Syaikh Muhammad bin Abi bakar , Semarang : Pustaka Alawiyyah : halaman 4 )

Setelah kita membaca hadist tersebut, mari kita berfikir dan kita renungi betapa besar keutamaan orang mencari ilmu. Jangan sampai kita mencari ini ibaratnya hanya sebagai pupuk bawang, tanpa memperoleh ilmu yang bermanfa’at.....!!!!!! Amin....

Comments