Kegiatan Balagh Pesantren Ramadhan Tahun 2017

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2017 ini masjid jami' Al-Ikhlash mulai mengadakan kegiatan balagh / Pesantren Kilat Ramadhan untuk anak-anak dan para remaja yang dimulai setiap sore jam 16.30 WIB hingga pelaksanaan acara buka bersama. Adapun kitab yang dikaji adalah matan kita "Ta'limul Muta'allim" karangan Syekh Az-Zarnuji. 
Acara ini didukung oleh beberapa warga Al-Ikhlas yang ikut membantu menyediakan menu BUKBER. Terobosan yang dimunculkkan oleh Kyai Saiful Anam ini bertujuan untuk memunculkan kembali minat dari warga agar semakin cinta untuk datang dan mengkaji berbagai disiplin ilmu agama dalam rangka memakmurkan masjid Al-Ikhlash.





Sesuai dengan anjuran dari para kyai, dimana sebelum acara bukber, anak-anak diajak untuk memperbanyak bacaan istighfarot sebagai berikut : 
- أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ، أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ x٣
-
اللّٰهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي x٣
اللّٰهُمَّ يَاعَظِيْمُ يَاعَظِيْمُ يَاعَظِيْمُ اِغْفِرِ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ إلاَّ الْعَظِيْمُ يَاعَظِيْمُ x٣










Pagi sebelum acara, guna memanfaatkan tenaga para pemuda agar tidak habis digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan atau untuk bermalas-malasan maka para pemuda diajak untuk memperbaiki gedung madrasah diniyyah Penatas Angin yang tengah rusak dimakan usia.






Demikian diharapkan semoga kelak mereka menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan dalam membangun nusa bangsa terlebih agama di lingkungan masyarakat dusun Tahunan Desa Putatsari khususnya dan dimanapun pada umumnya. Aamiin yaa Robbal aalamiin.

Comments